Cari Blog Ini

Jumat, 30 Juli 2010

RPP Sejarah Kebudayaan Islam 7 (1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Madrasah :

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam

Kelas/Semester : VII / I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah pembentukan Dinasti Umayyah

Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan latar belakang terbentuknya Dinasti Umayyah

Indikator :

1.1.1 Menjelaskan latar belakang sejarah terbentuknya Dinasti Umayyah

1.1.2 Mendeskripsikan sebab-sebab terbentuknya Dinasti Umayyah

1.1.3 Membandingkan gaya kepemimpinan Mu’awiyah dengan kepemimpinan sebelumnya

I. Materi pokok : Sejarah terbentuknya Dinasti Umayyah

II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas

III. Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan awal :

1. Guru, siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan diawali doa bersama

2. Melalui appersepsi dan pre test guru menanyakan kepada siswa materi yang akan dipelajari sekaligus memperkenalkan pelajaran baru

b. Kegiatan Inti :

- Siswa membaca materi pelajaran tentang pembentukan Dinasti Umayyah

- Siswa mendiskripsikan proses terbentuknya Dinasti Umayyah

- Siswa melakukan diskusi masing-masing kelompok

c. Penutup

1. Siswa mengumpulkan hasil diskusi dengan bimbingan guru

2. Guru memberikan saran-saran

IV. Alat dan sumber belajar

1. Buku pelajaran SKI

2. Ensiklopedia Islam

3. LKS

4. Sumber lain yang relevan

V. Penilaian

a. Test tertulis

1. Apa saja yang melatarbelakangi terbentuknya Dinasti Umayyah ?

b. Test lisan.

1. Coba kemukakan sebab-sebab terbentuknya Dinasti Umayyah

c. Pengamatan

Dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,

...............................................


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah :

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah terbentuknya dinasti ummayah

Kompetensi Dasar : 1.2. Menjelaskan proses terbentuknya dinasti ummayah

Indikator :

1.1.1 Mengemukakan proses terbentuknya dinasti ummayah

1.1.2 Menerangkan proses terbentuknya dinasti ummayah

1.1.3 Menyebutkan sebab terbentuknya dinasti ummayah

I. Materi pokok : Proses terbentuknya dinasti ummayah

II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas

III. Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan awal :

- Guru Bersama siswa berdoa kemudian dilanjutkan dengan apersepsi, pree tes, menyampaikan indikator pencapaian belajar.

b. Kegiatan Inti :

- Siswa menyiapkan diri untuk menelaah buku pelajaran masing-masing.

- Beberapa siswa ditunjuk untuk menceritakan kembali tentang sejarah dinasti ummayah

c. Penutup

- Guru menyempurnakan cerita yang disampaikan oleh siswa

IV. Alat dan sumber belajar

1. Buku pelajaran SKI

2. Ensiklopedia Islam

3. LKS

4. Lembar tugas

V. Penilaian

a. Test tertulis

1. Tuliskan sejarah dinasti ummayah secara singkat

a. Test lisan.

1. Menceritakan sejarah dinasti ummayah secara singkat

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


.........…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah :

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 2. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Muawiyah bin Abi Sofyan

Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan biografi kholifah muawiyah bin

Abi sofyan

Indikator : 2.1.1 Mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan biografi Muawiyah bin Abi Safyan

2.1.2. Menjelaskan biografi Kolifah Muawiyah bin Abi Sofyan

Materi Pokok : Biografi Muawiyah bin Abi Sofyan

Metode Pembelajara : Ceramah, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas

I. Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan awal :

- Guru Bersama siswa berdoa kemudian dilanjutkan dengan apersepsi, pree tes, menyampaikan indikator pencapaian belajar.

b. Kegiatan Inti :

a. Siswa menyiapkan diri untuk menelaah buku pelajaran masing-masing.

b. Beberapa siswa ditunjuk untuk menceritakan kembali tentang biografi khalifah Muawiyah bin Abi Sofyan

c. Penutup

a. Guru menyempurnakan cerita yang disampaikan oleh siswa

III. Alat dan sumber belajar

1. Buku pelajaran SKI

2. Ensiklopedia Islam

3. LKS

4. Lembar tugas

IV. Penilaian

a. Test tertulis

1. Tuliskan biografi khalifah Muawiyah secara singkat

b. Test lisan.

1. Menceritakan biografi khalifah Muawiyah secara singkat

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


...........…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah :

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 3. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Abdul Malik bin Marwan.

Kompetensi Dasar : 3.1. Menjelaskan biografi Khalifah Abdul Malik bin Marwan secara singkat

Indikator :

3.1.1 Menceritakan biografi Khalifah Abdul Malik bin Marwan secara singkat

1.2.1 Menyimpulkan biografi Khalifah Abdul Malik bin Marwan

I. Materi pokok : Biografi khalifah Abdul Malik bin Marwan

II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas

III. Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan awal :

- Appersepsi dan pre test

- Mengkondisikan bahwa siswa siap belajar

b. Kegiatan Inti :

- Seluruh siswa mengidentifikasi Biografi khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah.

- Beberapa siswa yang ditunjuk mempresentasikan hasil bacaannya

- Siswa yang lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan

c. Penutup

- Guru memberikan tambahan dari apa yang telah diungkapkan oleh siswa

- Guru memberi saran-saran

d. Alat dan sumber belajar

1. Buku pelajaran SKI

2. LKS

3. Buku penunjang yang relevan

e. Penilaian

a. Test tertulis

1. Jelaskan biografi khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah !

b. Test lisan.

1. Coba jelaskan biografi Abdul Malik yang masih ada sampai saat ini.

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


..........…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah :

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 3. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Abdul Malik bin Marwan.

Kompetensi Dasar : 3.2. Mengidentifikasi upaya-upaya dan jasa-jasa Khalifah Abdul Malik bin Marwan

Indikator :

1.2.2 Menyebutkan upaya-upaya khalifah Abdul Malik bin Marwan

1.2.3 Menyebutkan jasa-jasa khalifah Abdul Malik bin Marwan

I. Materi pokok : Upaya dan jasa khalifah Abdul Malik bin Marwan

II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas

III. Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan awal :

- Appersepsi dan pre test

- Mengkondisikan bahwa siswa siap belajar

b. Kegiatan Inti :

- Seluruh siswa mengidentifikasi upaya-upaya khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah.

- Beberapa siswa yang ditunjuk mempresentasikan hasil bacaannya

- Siswa yang lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan

c. Penutup

1. Guru memberikan tambahan dari apa yang telah diungkapkan oleh siswa

2. Guru memberi saran-saran

d. Alat dan sumber belajar

1. Buku pelajaran SKI

2. LKS

3. Buku penunjang yang relevan

B. Penilaian

a. Test tertulis

1. Sebutkan upaya-upaya yang dilakukan oleh khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah !

b. Test lisan.

1. Coba jelaskan jasa-jasa Abdul Malik yang masih ada sampai saat ini.

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


................…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah :

Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 4. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik

Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan biografi khalifah Walid bin Abdul Malik

Indikator : 4.1.1 Membaca cerita tentang biografi khalifah Walid bin Abdul Malik

4.1.2 Menceritakan biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik

I. Materi pokok : Biografi khalifah Walid bin Abdul Malik

II. Metode Pengajaran : Ceramah, cerita, tanya jawab, penugasan

III. Langkah-langkah :

a. Kegiatan awal

1. Apersepsi, pree test.

2. Meninjau siswa setiap belajar

b. Kegiatan inti

1. Masing-masing siswa meresum materi tentang biografi khalifah Walid bin Abdul Malik

2. Masing-masing siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya

3. Beberapa kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya

c. Penutup

1. Setiap kelompok membuat laporan singkat tentang hasil diskusi yang sudah dipresentasikan.

IV. Alat dan sumber belajar

a. Buku pelajaran SKI

b. Ensiklopedia Islam

c. LKS

V. Penilaian

a. Tes tertulis

1. Siswa diminta untuk menuangkan kembali isi cerita biografi khalifah Walid bin Abdul Walid

b. Tes kinerja (Performance)

Contoh :

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

RATA RATA

A

B

C

D

1

NITA

85

90

90

95

9,00

2

CINDY

65

60

75

80

7,00

3

MUHAMAD

65

65

60

70

6,50

4

IKHSAN

70

60

70

70

6,75

Keterangan : a. Kelengkapan c. Kerapian

b. Sistimatika d. Akurasi

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


.......... …………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah :

Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 4. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik

Kompetensi Dasar : 4.2 Mengidentifikasi Upaya-upaya dan jasa-jasa Walid bin Abdul Malik

Indikator : 4.2.1 Menyebutkan upaya-upaya Kholifah Walid bin Abdul Malik

I. Materi pokok : Upaya dan jasa khalifah Walid bin Abdul Malik

II. Metode Pengajaran : Ceramah, cerita, tanya jawab, penugasan

III. Langkah-langkah :

a. Kegiatan awal

1. Apersepsi, pree test.

2. Meninjau siswa setiap belajar

b. Kegiatan inti

1. Masing-masing siswa meresum materi tentang biografi khalifah Walid bin Abdul Malik

2. Masing-masing siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya

3. Beberapa kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya

c. Penutup

1. Setiap kelompok membuat laporan singkat tentang hasil diskusi yang sudah dipresentasikan.

IV. Alat dan sumber belajar

a. Buku pelajaran SKI

b. Ensiklopedia Islam

c. LKS

V. Penilaian

a. Tes tertulis

1. Siswa diminta untuk menuangkan kembali isi cerita upaya khalifah Walid bin Abdul Walid

b. Tes kinerja (Performance)

Contoh :

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

RATA RATA

A

B

C

D

1

NITA

85

90

90

95

9,00

2

CINDY

65

60

75

80

7,00

3

MUHAMAD

65

65

60

70

6,50

4

IKHSAN

70

60

70

70

6,75

Keterangan : a. Kelengkapan c. Kerapian

b. Sistimatika d. Akurasi

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


........…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah :

Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 4. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik

Kompetensi Dasar : 4.3 Mengambil Ibrah dari keKholifan Walid bin Abdul Malik

Indikator : 4.3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat keteladanan Kholifah Walid bin Abdul Malik

I. Materi pokok : Ibrah dari kekhalifahan Walid bin Abdul Malik

II. Metode Pengajaran : Ceramah, cerita, tanya jawab, penugasan

III. Langkah-langkah :

a. Kegiatan awal

1. Apersepsi, pree test.

2. Meninjau siswa setiap belajar

b. Kegiatan inti

3. Masing-masing siswa meresum materi tentang Ibrah khalifah Walid bin Abdul Malik

4. Masing-masing siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya

3. Beberapa kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya

c. Penutup

1. Setiap kelompok membuat laporan singkat tentang hasil diskusi yang sudah dipresentasikan.

IV. Alat dan sumber belajar

a. Buku pelajaran SKI

b. Ensiklopedia Islam

c. LKS

V. Penilaian

a. Tes tertulis

2. Siswa diminta untuk menuangkan kembali Ibrah khalifah Walid bin Abdul Walid

b. Tes kinerja (Performance)

Contoh :

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

RATA RATA

A

B

C

D

1

NITA

85

90

90

95

9,00

2

CINDY

65

60

75

80

7,00

3

MUHAMAD

65

65

60

70

6,50

4

IKHSAN

70

60

70

70

6,75

Keterangan : a. Kelengkapan c. Kerapian

b. Sistimatika d. Akurasi

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


.......…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I

Tidak ada komentar: