RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah :
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam
Kelas/Semester : VII / I
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah pembentukan Dinasti Umayyah
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan latar belakang terbentuknya Dinasti Umayyah
Indikator :
1.1.1 Menjelaskan latar belakang sejarah terbentuknya Dinasti Umayyah
1.1.2 Mendeskripsikan sebab-sebab terbentuknya Dinasti Umayyah
1.1.3 Membandingkan gaya kepemimpinan Mu’awiyah dengan kepemimpinan sebelumnya
I. Materi pokok : Sejarah terbentuknya Dinasti Umayyah
II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas
III. Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
1. Guru, siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan diawali doa bersama
2. Melalui appersepsi dan pre test guru menanyakan kepada siswa materi yang akan dipelajari sekaligus memperkenalkan pelajaran baru
b. Kegiatan Inti :
- Siswa membaca materi pelajaran tentang pembentukan Dinasti Umayyah
- Siswa mendiskripsikan proses terbentuknya Dinasti Umayyah
- Siswa melakukan diskusi masing-masing kelompok
c. Penutup
1. Siswa mengumpulkan hasil diskusi dengan bimbingan guru
2. Guru memberikan saran-saran
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. LKS
4. Sumber lain yang relevan
V. Penilaian
a. Test tertulis
1. Apa saja yang melatarbelakangi terbentuknya Dinasti Umayyah ?
b. Test lisan.
1. Coba kemukakan sebab-sebab terbentuknya Dinasti Umayyah
c. Pengamatan
Dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
Mengetahui | | Gunungputri, ……………… |
Kepala Madrasah, | | Guru Mata Pelajaran, |
............................................... | | Hadi Arifiyanto, S.Pd.I |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah :
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah terbentuknya dinasti ummayah
Kompetensi Dasar : 1.2. Menjelaskan proses terbentuknya dinasti ummayah
Indikator :
1.1.1 Mengemukakan proses terbentuknya dinasti ummayah
1.1.2 Menerangkan proses terbentuknya dinasti ummayah
1.1.3 Menyebutkan sebab terbentuknya dinasti ummayah
I. Materi pokok : Proses terbentuknya dinasti ummayah
II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas
III. Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
- Guru Bersama siswa berdoa kemudian dilanjutkan dengan apersepsi, pree tes, menyampaikan indikator pencapaian belajar.
b. Kegiatan Inti :
- Siswa menyiapkan diri untuk menelaah buku pelajaran masing-masing.
- Beberapa siswa ditunjuk untuk menceritakan kembali tentang sejarah dinasti ummayah
c. Penutup
- Guru menyempurnakan cerita yang disampaikan oleh siswa
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. LKS
4. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Test tertulis
1. Tuliskan sejarah dinasti ummayah secara singkat
a. Test lisan.
1. Menceritakan sejarah dinasti ummayah secara singkat
Mengetahui | | Gunungputri, ……………… |
Kepala Madrasah, | | Guru Mata Pelajaran, |
.........……………………. | | Hadi Arifiyanto, S.Pd.I |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah :
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Muawiyah bin Abi Sofyan
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan biografi kholifah muawiyah bin
Abi sofyan
Indikator : 2.1.1 Mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan biografi Muawiyah bin Abi Safyan
2.1.2. Menjelaskan biografi Kolifah Muawiyah bin Abi Sofyan
Materi Pokok : Biografi Muawiyah bin Abi Sofyan
Metode Pembelajara : Ceramah, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas
I. Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
- Guru Bersama siswa berdoa kemudian dilanjutkan dengan apersepsi, pree tes, menyampaikan indikator pencapaian belajar.
b. Kegiatan Inti :
a. Siswa menyiapkan diri untuk menelaah buku pelajaran masing-masing.
b. Beberapa siswa ditunjuk untuk menceritakan kembali tentang biografi khalifah Muawiyah bin Abi Sofyan
c. Penutup
a. Guru menyempurnakan cerita yang disampaikan oleh siswa
III. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. LKS
4. Lembar tugas
IV. Penilaian
a. Test tertulis
1. Tuliskan biografi khalifah Muawiyah secara singkat
b. Test lisan.
1. Menceritakan biografi khalifah Muawiyah secara singkat
Mengetahui | | Gunungputri, ……………… |
Kepala Madrasah, | | Guru Mata Pelajaran, |
...........……………………. | | Hadi Arifiyanto, S.Pd.I |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah :
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Abdul Malik bin Marwan.
Kompetensi Dasar : 3.1. Menjelaskan biografi Khalifah Abdul Malik bin Marwan secara singkat
Indikator :
3.1.1 Menceritakan biografi Khalifah Abdul Malik bin Marwan secara singkat
1.2.1 Menyimpulkan biografi Khalifah Abdul Malik bin Marwan
I. Materi pokok : Biografi khalifah Abdul Malik bin Marwan
II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas
III. Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
- Appersepsi dan pre test
- Mengkondisikan bahwa siswa siap belajar
b. Kegiatan Inti :
- Seluruh siswa mengidentifikasi Biografi khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah.
- Beberapa siswa yang ditunjuk mempresentasikan hasil bacaannya
- Siswa yang lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan
c. Penutup
- Guru memberikan tambahan dari apa yang telah diungkapkan oleh siswa
- Guru memberi saran-saran
d. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. LKS
3. Buku penunjang yang relevan
e. Penilaian
a. Test tertulis
1. Jelaskan biografi khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah !
b. Test lisan.
1. Coba jelaskan biografi Abdul Malik yang masih ada sampai saat ini.
Mengetahui | | Gunungputri, ……………… |
Kepala Madrasah, | | Guru Mata Pelajaran, |
..........……………………. | | Hadi Arifiyanto, S.Pd.I |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah :
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Abdul Malik bin Marwan.
Kompetensi Dasar : 3.2. Mengidentifikasi upaya-upaya dan jasa-jasa Khalifah Abdul Malik bin Marwan
Indikator :
1.2.2 Menyebutkan upaya-upaya khalifah Abdul Malik bin Marwan
1.2.3 Menyebutkan jasa-jasa khalifah Abdul Malik bin Marwan
I. Materi pokok : Upaya dan jasa khalifah Abdul Malik bin Marwan
II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas
III. Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
- Appersepsi dan pre test
- Mengkondisikan bahwa siswa siap belajar
b. Kegiatan Inti :
- Seluruh siswa mengidentifikasi upaya-upaya khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah.
- Beberapa siswa yang ditunjuk mempresentasikan hasil bacaannya
- Siswa yang lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan
c. Penutup
1. Guru memberikan tambahan dari apa yang telah diungkapkan oleh siswa
2. Guru memberi saran-saran
d. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. LKS
3. Buku penunjang yang relevan
B. Penilaian
a. Test tertulis
1. Sebutkan upaya-upaya yang dilakukan oleh khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah !
b. Test lisan.
1. Coba jelaskan jasa-jasa Abdul Malik yang masih ada sampai saat ini.
Mengetahui | | Gunungputri, ……………… |
Kepala Madrasah, | | Guru Mata Pelajaran, |
................……………………. | | Hadi Arifiyanto, S.Pd.I |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan biografi khalifah Walid bin Abdul Malik
Indikator : 4.1.1 Membaca cerita tentang biografi khalifah Walid bin Abdul Malik
4.1.2 Menceritakan biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik
I. Materi pokok : Biografi khalifah Walid bin Abdul Malik
II. Metode Pengajaran : Ceramah, cerita, tanya jawab, penugasan
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
1. Apersepsi, pree test.
2. Meninjau siswa setiap belajar
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing siswa meresum materi tentang biografi khalifah Walid bin Abdul Malik
2. Masing-masing siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya
3. Beberapa kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya
c. Penutup
1. Setiap kelompok membuat laporan singkat tentang hasil diskusi yang sudah dipresentasikan.
IV. Alat dan sumber belajar
a. Buku pelajaran SKI
b. Ensiklopedia Islam
c. LKS
V. Penilaian
a. Tes tertulis
1. Siswa diminta untuk menuangkan kembali isi cerita biografi khalifah Walid bin Abdul Walid
b. Tes kinerja (Performance)
Contoh :
NO | NAMA SISWA | ASPEK YANG DINILAI | RATA RATA | |||
A | B | C | D | |||
1 | NITA | 85 | 90 | 90 | 95 | 9,00 |
2 | CINDY | 65 | 60 | 75 | 80 | 7,00 |
3 | MUHAMAD | 65 | 65 | 60 | 70 | 6,50 |
4 | IKHSAN | 70 | 60 | 70 | 70 | 6,75 |
Keterangan : a. Kelengkapan c. Kerapian
b. Sistimatika d. Akurasi
Mengetahui | | Gunungputri, ……………… |
Kepala Madrasah, | | Guru Mata Pelajaran, |
.......... ……………………. | | Hadi Arifiyanto, S.Pd.I |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik
Kompetensi Dasar : 4.2 Mengidentifikasi Upaya-upaya dan jasa-jasa Walid bin Abdul Malik
Indikator : 4.2.1 Menyebutkan upaya-upaya Kholifah Walid bin Abdul Malik
I. Materi pokok : Upaya dan jasa khalifah Walid bin Abdul Malik
II. Metode Pengajaran : Ceramah, cerita, tanya jawab, penugasan
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
1. Apersepsi, pree test.
2. Meninjau siswa setiap belajar
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing siswa meresum materi tentang biografi khalifah Walid bin Abdul Malik
2. Masing-masing siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya
3. Beberapa kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya
c. Penutup
1. Setiap kelompok membuat laporan singkat tentang hasil diskusi yang sudah dipresentasikan.
IV. Alat dan sumber belajar
a. Buku pelajaran SKI
b. Ensiklopedia Islam
c. LKS
V. Penilaian
a. Tes tertulis
1. Siswa diminta untuk menuangkan kembali isi cerita upaya khalifah Walid bin Abdul Walid
b. Tes kinerja (Performance)
Contoh :
NO | NAMA SISWA | ASPEK YANG DINILAI | RATA RATA | |||
A | B | C | D | |||
1 | NITA | 85 | 90 | 90 | 95 | 9,00 |
2 | CINDY | 65 | 60 | 75 | 80 | 7,00 |
3 | MUHAMAD | 65 | 65 | 60 | 70 | 6,50 |
4 | IKHSAN | 70 | 60 | 70 | 70 | 6,75 |
Keterangan : a. Kelengkapan c. Kerapian
b. Sistimatika d. Akurasi
Mengetahui | | Gunungputri, ……………… |
Kepala Madrasah, | | Guru Mata Pelajaran, |
........……………………. | | Hadi Arifiyanto, S.Pd.I |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik
Kompetensi Dasar : 4.3 Mengambil Ibrah dari keKholifan Walid bin Abdul Malik
Indikator : 4.3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat keteladanan Kholifah Walid bin Abdul Malik
I. Materi pokok : Ibrah dari kekhalifahan Walid bin Abdul Malik
II. Metode Pengajaran : Ceramah, cerita, tanya jawab, penugasan
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
1. Apersepsi, pree test.
2. Meninjau siswa setiap belajar
b. Kegiatan inti
3. Masing-masing siswa meresum materi tentang Ibrah khalifah Walid bin Abdul Malik
4. Masing-masing siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya
3. Beberapa kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya
c. Penutup
1. Setiap kelompok membuat laporan singkat tentang hasil diskusi yang sudah dipresentasikan.
IV. Alat dan sumber belajar
a. Buku pelajaran SKI
b. Ensiklopedia Islam
c. LKS
V. Penilaian
a. Tes tertulis
2. Siswa diminta untuk menuangkan kembali Ibrah khalifah Walid bin Abdul Walid
b. Tes kinerja (Performance)
Contoh :
NO | NAMA SISWA | ASPEK YANG DINILAI | RATA RATA | |||
A | B | C | D | |||
1 | NITA | 85 | 90 | 90 | 95 | 9,00 |
2 | CINDY | 65 | 60 | 75 | 80 | 7,00 |
3 | MUHAMAD | 65 | 65 | 60 | 70 | 6,50 |
4 | IKHSAN | 70 | 60 | 70 | 70 | 6,75 |
Keterangan : a. Kelengkapan c. Kerapian
b. Sistimatika d. Akurasi
Mengetahui | | Gunungputri, ……………… |
Kepala Madrasah, | | Guru Mata Pelajaran, |
.......……………………. | | Hadi Arifiyanto, S.Pd.I |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar