Cari Blog Ini

Jumat, 26 November 2010

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART)

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART)

Oleh : Hadi Arifiyanto, S.Pd.I

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang biasa disingkat AD/ART merupakan landasan operasional dalam menjalankan suatu usaha atau organisasi. Di dalamnya terdapat visi, misi, tujuan, tugas pokok, sampai bidang usahanya termasuk kualifikasi apa dan siapa saja yang menanam saham serta berapa nominal saham yang ditanamkan. AD/ART organisasi berbeda dengan AD/ART perusahaan. AD/ART organisasi biasanya disyahkan oleh forum yang merupakan anggota organisasi. Sedangkan AD/ART perusahaan biasanya disepakati oleh masing-masing pemegang saham yang di tandatangani di atas notaris, artinya badan usaha tersebut sah secara hukum.

AD/ART adalah dasar dan peraturan yang mengikat seseorang atau kelompok dalam berbagai kegiatan atau program yang mereka lakukan atau yang akan di kerjakan. AD (Anggaran Dasar) selalu berisikan pasal-pasal umum mengenai yang mengatur roda sebuah organisasi. Seperti ideologi, tata cara pemilihan, sumber dana dan lain-lain. Intinya mirip seperti Uundang-undang Dasar

Sedagkan ART (Anggaran Rumah Tangga) itu berfungsi seperti petunjuk teknis atau penjelasan lebih rinci dari AD (AD biasanya lebih tataran abstrak dan general) dan disajikan juga dalam bentuk pasal-pasal.

Apa hubungan mendasarnya dengan business plan ?? BP dan AD/ART tentunya berbeda. BP itu ditujukan untuk profit dan biasa mencakup marketing plan, goal perusahaan. modal. Intinya lebih ke urusan duit, kalau AD/ART tidak selalu untuk mencari keuntungan. Hubungan mendasarnya dengan bisnis plan terletak pada bidang usaha apa yang ingin dijalankan. Misalnya fokus pada pertanian saja, artinya, bila mengarah kesektor pertambangan tidak diperbolehkan apabila kita mengikuti lelang.

Apa gunanya AD/ART dibuat untuk suatu badan usaha yang hendak dijalankan.? Jawabannya tentu saja berguna, karena itu bisa sebagai landasan kerja kita serta bisa juga sebagai security kita dalam bekerja, agar kinerja kita terarah sesuai dengan landasan.

Wassalam

Tidak ada komentar: