Cari Blog Ini

Jumat, 30 Juli 2010

FADHILAH SHOLAT FARDHU

Oleh :Hadi Arifiyanto, S.Pd.I

Firman Allah ta’ala :

“Sesungguhnya shalat itu atas orang-orang mu’minin sebagai kewajiban yang berwaktu. Hai orang-orang yang beriman, janganlah dilalaikan oleh kesibukan terhadap harta dan anak-anakmu untuk mengerjakan dzikrullah (shalat), dan siapa yang berbuat begitu maka merekalah yang merugi”.

Ibn Umar r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Pertama yang diwajibkan atas ummatku shalat lima waktu, dan pertama yang terangkat dari amal mereka shalat lima waktu, dan yang akan ditanya dari amal mereka shalat lima waktu, maka siapa yang mengurangi sedikit daripadanya, maka Allah ta’ala berkata kepada Malaikat : Lihatlah apakah kamu dapatkan pada hambaKu itu shalat sunnat untuk mencukupi kekurangan-kekurangannya dalam fardhu dan perhatikan puasa hambaKu pada bulan Ramadhan, bila kamu dapatkan mengurangi maka lihatlah apakah hambaKu telah mengerjakan puasa sunnat yang dapat kamu tambahkan yang kurang-kurang dari puasa Ramadhan, kemudian lihatlah zakat hambaKu, maka jika ada kekurangan, maka apakah ada padanya sedekah sunnat yang dapat ditambahkan pada zakat yang wajib itu, maka semua yang fardhu-fardhu itu diperhitungkan sedemikian, dan itu semata-ma rahmat dan karunia Allah, dan jika masih ada kelebihan dalam amal kebaikannya diletakkan dalam timbangan amalnya, dan dipersilahkan masuk sorga.
Dan bila tidak sesuatu dari itu, maka diperintahkan kepada Malaikat Zabaniyah : Tangkaplah ia dengan tangan dan kakinya kemudian dilemparkannya kedalam nereka”. (H.R. Alhakim).

Jabir r.a. berkata : Nabi s.a.w. bersabda : Perumpamaan shalat lima waktu itu bagaikan sungan yang lebar mengalir dimuka pintu salah satu rumah kamu, lalu ia mandi daripadanya tiap hari lima kali. Apakah yang demikian itu masih ada ketinggalan kotorannya. (H.R. Muslim).

Abu Dzar r.a. berkata : Nabi s.a.w. keluar dimusim dingin, sedang daun pohon banyak rontok, maka ia mengambil dua dahan, sedang daunnya rontok maka bersabda : Hai Abu Dzar. Jawabku : Labbaika ya Rasulullah. Lalu bersabda : Seorang hamba muslim jika shalat dengan ikhlas karena Allah maka rontok dosa-dosanya sebagai mana rontok daun dari dahan pohon ini. (H.R. Ahmad)

Dalam kitab Azzawajir susunan Ahmad bin Hajar Alhaitami berkata :
Tersebut dalam hadits : Siapa yang menjaga shalat lima waktu maka Allah akan memulyakannya dengan lima macam :
1. Dihindarkan kesempitan hidup
2. Dihindarkan siksa kubur
3. Diberi kitab amalnya dengan tangan kanannya
4. Berjalan diatas shirat bagaikan kilat
5. Masuk sorga tanpa hisab

Dan siapa yang meremehkan (meninggalkan) shalat akan dihukum oleh Allah dengan lima belas siksa. Lima didunia, dan tiga ketika mati, dan tiga didalam kubur, dan tiga ketika keluar dari kubur. Adapun yang didunia :

1. Dicabut berkat umurnya.
2. Dihapus tanda orang shalih dari mukanya
3. Tiap amal yang dikerjakan tidak diberi pahala oleh Allah
4. Do’anya tidak dinaikkan kelangit
5. Tidak dapat bagian dari do’a orang-orang shalihin.

Adapun hukuman yang terkena padanya ketika mati :

1. Matinya hina
2. Mati kelaparan
3. Mati haus, dan andaikan diberi air samudera dunia tidak akan puas, dan tetap haus.

Adapun hukuman yang menimpa dalam kubur :

1. Disempitkan kubur sehingga hancur tulang-tulang rusuknya
2. Dinyalakan api dalam kubur, maka ia bergelimpangan dalam api, siang dan malam
3. Didatangkan padanya ular yang bernama syuja’ yang buta matanya dari api (berapi) dan kukunya dari besi tiap kuku panjangnya perjalanan sehari, ia berkata pada simayit : Aku syuja’ al’aqra’, sedang suaranya bagaikan petir yang menyambar, ia berkata ; Allah telah menyuruhku memukul kamu karena meninggalkan shalat subuh hingga terbit matahari, dan memukul kamu karena meninggalkan shalat dhuhur hingga asar, dan memukul kamu karena meninggalkan shalat asar hingga magrib, dan memukul kamu karena meninggalkan shalat magrib hingga isya’, dan memukul kamu karena meninggalkan shalat isya’ hingga subuh, dan tiap ia memukul satu kali terbenamlah orang itu kedalam tanah tujuh puluh hasta, maka ia selalu tersiksa dalam kubur hingga hari qiyamat. Adapun yang menimpa padanya sesudah keluar dari kubur dihari qiyamat :
1. Diberatkan hisabnya
2. Allah murka padanya
3. Masuk dalam neraka
Dilain riwayat : Maka ia akan menghadap dihari qiyamat dan dimukanya ada tiga baris tulisan :

1. Hai orang yang mengabaikan hak Allah
2. Hai orang yang mendapat murka
3. Allah mengabaikan kamu sebagaimana kamu didunia mengabaikan hal Allah maka hari ini kamu putus dari rahmat Allah.

Firman Allah ta'ala :
Katakanlah : Hai hamba-hambaKu yang telah sembrono terhadap dirinya ya'ni melampaui batas dalam menurutkan hawa nafsu, janganlah kamu berputus harapan dari rahmat Allah. Sungguh Allah dapat mengampunkan semua dosa (dan tidak perduli berapun dosa-dosamu), sesungguhnya Allah maha pengampun lagi penyayang. (Azzumar 53).

Abu Ja'far : Muhammad Albaqir bin Ali Zainul Abidin r.a. berkata : Kamu orang Iraq berpendapat ayat yang sangat menimbulkan optimis (harapan) yaitu ayat : Qul ya ibaa diyalla dzina asrafu ala anfusihim laa taqnathu min rahmatillah

RPP Sejarah Kebudayaan Islam 7 (1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Madrasah :

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam

Kelas/Semester : VII / I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah pembentukan Dinasti Umayyah

Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan latar belakang terbentuknya Dinasti Umayyah

Indikator :

1.1.1 Menjelaskan latar belakang sejarah terbentuknya Dinasti Umayyah

1.1.2 Mendeskripsikan sebab-sebab terbentuknya Dinasti Umayyah

1.1.3 Membandingkan gaya kepemimpinan Mu’awiyah dengan kepemimpinan sebelumnya

I. Materi pokok : Sejarah terbentuknya Dinasti Umayyah

II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas

III. Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan awal :

1. Guru, siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan diawali doa bersama

2. Melalui appersepsi dan pre test guru menanyakan kepada siswa materi yang akan dipelajari sekaligus memperkenalkan pelajaran baru

b. Kegiatan Inti :

- Siswa membaca materi pelajaran tentang pembentukan Dinasti Umayyah

- Siswa mendiskripsikan proses terbentuknya Dinasti Umayyah

- Siswa melakukan diskusi masing-masing kelompok

c. Penutup

1. Siswa mengumpulkan hasil diskusi dengan bimbingan guru

2. Guru memberikan saran-saran

IV. Alat dan sumber belajar

1. Buku pelajaran SKI

2. Ensiklopedia Islam

3. LKS

4. Sumber lain yang relevan

V. Penilaian

a. Test tertulis

1. Apa saja yang melatarbelakangi terbentuknya Dinasti Umayyah ?

b. Test lisan.

1. Coba kemukakan sebab-sebab terbentuknya Dinasti Umayyah

c. Pengamatan

Dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,

...............................................


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah :

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah terbentuknya dinasti ummayah

Kompetensi Dasar : 1.2. Menjelaskan proses terbentuknya dinasti ummayah

Indikator :

1.1.1 Mengemukakan proses terbentuknya dinasti ummayah

1.1.2 Menerangkan proses terbentuknya dinasti ummayah

1.1.3 Menyebutkan sebab terbentuknya dinasti ummayah

I. Materi pokok : Proses terbentuknya dinasti ummayah

II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas

III. Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan awal :

- Guru Bersama siswa berdoa kemudian dilanjutkan dengan apersepsi, pree tes, menyampaikan indikator pencapaian belajar.

b. Kegiatan Inti :

- Siswa menyiapkan diri untuk menelaah buku pelajaran masing-masing.

- Beberapa siswa ditunjuk untuk menceritakan kembali tentang sejarah dinasti ummayah

c. Penutup

- Guru menyempurnakan cerita yang disampaikan oleh siswa

IV. Alat dan sumber belajar

1. Buku pelajaran SKI

2. Ensiklopedia Islam

3. LKS

4. Lembar tugas

V. Penilaian

a. Test tertulis

1. Tuliskan sejarah dinasti ummayah secara singkat

a. Test lisan.

1. Menceritakan sejarah dinasti ummayah secara singkat

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


.........…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah :

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 2. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Muawiyah bin Abi Sofyan

Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan biografi kholifah muawiyah bin

Abi sofyan

Indikator : 2.1.1 Mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan biografi Muawiyah bin Abi Safyan

2.1.2. Menjelaskan biografi Kolifah Muawiyah bin Abi Sofyan

Materi Pokok : Biografi Muawiyah bin Abi Sofyan

Metode Pembelajara : Ceramah, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas

I. Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan awal :

- Guru Bersama siswa berdoa kemudian dilanjutkan dengan apersepsi, pree tes, menyampaikan indikator pencapaian belajar.

b. Kegiatan Inti :

a. Siswa menyiapkan diri untuk menelaah buku pelajaran masing-masing.

b. Beberapa siswa ditunjuk untuk menceritakan kembali tentang biografi khalifah Muawiyah bin Abi Sofyan

c. Penutup

a. Guru menyempurnakan cerita yang disampaikan oleh siswa

III. Alat dan sumber belajar

1. Buku pelajaran SKI

2. Ensiklopedia Islam

3. LKS

4. Lembar tugas

IV. Penilaian

a. Test tertulis

1. Tuliskan biografi khalifah Muawiyah secara singkat

b. Test lisan.

1. Menceritakan biografi khalifah Muawiyah secara singkat

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


...........…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah :

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 3. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Abdul Malik bin Marwan.

Kompetensi Dasar : 3.1. Menjelaskan biografi Khalifah Abdul Malik bin Marwan secara singkat

Indikator :

3.1.1 Menceritakan biografi Khalifah Abdul Malik bin Marwan secara singkat

1.2.1 Menyimpulkan biografi Khalifah Abdul Malik bin Marwan

I. Materi pokok : Biografi khalifah Abdul Malik bin Marwan

II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas

III. Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan awal :

- Appersepsi dan pre test

- Mengkondisikan bahwa siswa siap belajar

b. Kegiatan Inti :

- Seluruh siswa mengidentifikasi Biografi khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah.

- Beberapa siswa yang ditunjuk mempresentasikan hasil bacaannya

- Siswa yang lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan

c. Penutup

- Guru memberikan tambahan dari apa yang telah diungkapkan oleh siswa

- Guru memberi saran-saran

d. Alat dan sumber belajar

1. Buku pelajaran SKI

2. LKS

3. Buku penunjang yang relevan

e. Penilaian

a. Test tertulis

1. Jelaskan biografi khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah !

b. Test lisan.

1. Coba jelaskan biografi Abdul Malik yang masih ada sampai saat ini.

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


..........…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah :

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 3. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Abdul Malik bin Marwan.

Kompetensi Dasar : 3.2. Mengidentifikasi upaya-upaya dan jasa-jasa Khalifah Abdul Malik bin Marwan

Indikator :

1.2.2 Menyebutkan upaya-upaya khalifah Abdul Malik bin Marwan

1.2.3 Menyebutkan jasa-jasa khalifah Abdul Malik bin Marwan

I. Materi pokok : Upaya dan jasa khalifah Abdul Malik bin Marwan

II. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas

III. Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan awal :

- Appersepsi dan pre test

- Mengkondisikan bahwa siswa siap belajar

b. Kegiatan Inti :

- Seluruh siswa mengidentifikasi upaya-upaya khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah.

- Beberapa siswa yang ditunjuk mempresentasikan hasil bacaannya

- Siswa yang lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan

c. Penutup

1. Guru memberikan tambahan dari apa yang telah diungkapkan oleh siswa

2. Guru memberi saran-saran

d. Alat dan sumber belajar

1. Buku pelajaran SKI

2. LKS

3. Buku penunjang yang relevan

B. Penilaian

a. Test tertulis

1. Sebutkan upaya-upaya yang dilakukan oleh khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam memajukan Dinasti Umayyah !

b. Test lisan.

1. Coba jelaskan jasa-jasa Abdul Malik yang masih ada sampai saat ini.

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


................…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah :

Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 4. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik

Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan biografi khalifah Walid bin Abdul Malik

Indikator : 4.1.1 Membaca cerita tentang biografi khalifah Walid bin Abdul Malik

4.1.2 Menceritakan biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik

I. Materi pokok : Biografi khalifah Walid bin Abdul Malik

II. Metode Pengajaran : Ceramah, cerita, tanya jawab, penugasan

III. Langkah-langkah :

a. Kegiatan awal

1. Apersepsi, pree test.

2. Meninjau siswa setiap belajar

b. Kegiatan inti

1. Masing-masing siswa meresum materi tentang biografi khalifah Walid bin Abdul Malik

2. Masing-masing siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya

3. Beberapa kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya

c. Penutup

1. Setiap kelompok membuat laporan singkat tentang hasil diskusi yang sudah dipresentasikan.

IV. Alat dan sumber belajar

a. Buku pelajaran SKI

b. Ensiklopedia Islam

c. LKS

V. Penilaian

a. Tes tertulis

1. Siswa diminta untuk menuangkan kembali isi cerita biografi khalifah Walid bin Abdul Walid

b. Tes kinerja (Performance)

Contoh :

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

RATA RATA

A

B

C

D

1

NITA

85

90

90

95

9,00

2

CINDY

65

60

75

80

7,00

3

MUHAMAD

65

65

60

70

6,50

4

IKHSAN

70

60

70

70

6,75

Keterangan : a. Kelengkapan c. Kerapian

b. Sistimatika d. Akurasi

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


.......... …………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah :

Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 4. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik

Kompetensi Dasar : 4.2 Mengidentifikasi Upaya-upaya dan jasa-jasa Walid bin Abdul Malik

Indikator : 4.2.1 Menyebutkan upaya-upaya Kholifah Walid bin Abdul Malik

I. Materi pokok : Upaya dan jasa khalifah Walid bin Abdul Malik

II. Metode Pengajaran : Ceramah, cerita, tanya jawab, penugasan

III. Langkah-langkah :

a. Kegiatan awal

1. Apersepsi, pree test.

2. Meninjau siswa setiap belajar

b. Kegiatan inti

1. Masing-masing siswa meresum materi tentang biografi khalifah Walid bin Abdul Malik

2. Masing-masing siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya

3. Beberapa kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya

c. Penutup

1. Setiap kelompok membuat laporan singkat tentang hasil diskusi yang sudah dipresentasikan.

IV. Alat dan sumber belajar

a. Buku pelajaran SKI

b. Ensiklopedia Islam

c. LKS

V. Penilaian

a. Tes tertulis

1. Siswa diminta untuk menuangkan kembali isi cerita upaya khalifah Walid bin Abdul Walid

b. Tes kinerja (Performance)

Contoh :

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

RATA RATA

A

B

C

D

1

NITA

85

90

90

95

9,00

2

CINDY

65

60

75

80

7,00

3

MUHAMAD

65

65

60

70

6,50

4

IKHSAN

70

60

70

70

6,75

Keterangan : a. Kelengkapan c. Kerapian

b. Sistimatika d. Akurasi

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


........…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah :

Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester : VII/I

Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : 4. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Walid bin Abdul Malik

Kompetensi Dasar : 4.3 Mengambil Ibrah dari keKholifan Walid bin Abdul Malik

Indikator : 4.3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat keteladanan Kholifah Walid bin Abdul Malik

I. Materi pokok : Ibrah dari kekhalifahan Walid bin Abdul Malik

II. Metode Pengajaran : Ceramah, cerita, tanya jawab, penugasan

III. Langkah-langkah :

a. Kegiatan awal

1. Apersepsi, pree test.

2. Meninjau siswa setiap belajar

b. Kegiatan inti

3. Masing-masing siswa meresum materi tentang Ibrah khalifah Walid bin Abdul Malik

4. Masing-masing siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya

3. Beberapa kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya

c. Penutup

1. Setiap kelompok membuat laporan singkat tentang hasil diskusi yang sudah dipresentasikan.

IV. Alat dan sumber belajar

a. Buku pelajaran SKI

b. Ensiklopedia Islam

c. LKS

V. Penilaian

a. Tes tertulis

2. Siswa diminta untuk menuangkan kembali Ibrah khalifah Walid bin Abdul Walid

b. Tes kinerja (Performance)

Contoh :

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

RATA RATA

A

B

C

D

1

NITA

85

90

90

95

9,00

2

CINDY

65

60

75

80

7,00

3

MUHAMAD

65

65

60

70

6,50

4

IKHSAN

70

60

70

70

6,75

Keterangan : a. Kelengkapan c. Kerapian

b. Sistimatika d. Akurasi

Mengetahui

Gunungputri, ………………

Kepala Madrasah,

Guru Mata Pelajaran,


.......…………………….


Hadi Arifiyanto, S.Pd.I